Tugas Online 3

Nama : Wendi

Nim : 2011-52-032

Seksi : 24

  • Jenis barang : Kopi Robusta, Arabica, Luwak (seluruh jenih kopi Indonesia)
  • Keunggulan dibanding pesaing : Kualitas Kopi lebih baik dari pesaing & memiliki berbagai jenis kopi dari bebagai daerah, setiap jenis kopi yang dicari konsumen akan dipenuhi & metode transaksi yang mudah karena melalui online.
  • Target pembeli (kelas pembeli) : Seluruh kalangan muda maupun tua, pelajar maupun pekerja, dengan tingakat ekonomi menengah kebawah, menengah, & menengah keatas.
  • Daerah penjualan (kota, negara) : DKI Jakarta & seluruh indonesia melalui online shop

 

  1. Permintaan

Lokasi : DKI Jakarta/seluruh Indonesia

Jumlah Penduduk : 9.988.495 jiwa (Berdasarkan website kemendagri)

Usia : 17thn ke atas

Pendapatan : rata-rata UMP / UMK 2015

Potensi Pembeli : Potensi Pembelian secara terus menerus/berlangganan

Penjualan Perbulan : Ditargetkan Rp.30jt

Penjualan Pertahun : Ditargetkan Rp.360jt

 

  1. Penawaran

Persaingan didunia business online sangat ketat sehingga perlu adanya sebuah kampanye online memperkenalkan website & produk kepada public, sudah banyak sekali bisnis online kopi seperti Otten Coffee, Aneka kopi mancanegara, Sanscoffee, Java Lorek Coffee,dll. Kapasitas mereka adalah mampu mengcover seluruh permintaan konsumen diindonesia. Untuk rencana penjualannya Coffee Party akan menjual berbagai macam jenis kopi diindonesia dengan member disc harga & pemberian voucher gratis disetiap tingkat pembelian yang dilakukan secara online, dilihat dari pangsa pasar minuman ringan di Indonesia produk kopi hanya menduduki 15% yang artinya banyak peluang yang bisa didapat dari bisinis kopi.

What Indonesia is Drinking Share of Throat - Consumedia Indonesia

 

  1. Tingkat pertumbuhan

Pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk indonesi 1.04% dengan penduduk lebih dari 250juta jiwa pada tahun 2015, pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi 4,73% pada kuartal III 2015 berdasarkan Bandan Pusat Statistik (BPS), dengan pertumbuhan penjualan yang diharapkan dari bisnis kopi sebesar 24%.

 

  1. Persaingan

Keunggulan Produk : Kualitas kopi jauh lebih unggul, tersedia berbagai jenis kopi asli dari berbagai daerah. Cara transaksi lebih mudah melalui online, setiap jenis kopi yang dicari konsumen akan dipenuhi, karena kualitas kopi yang baik maka harga juga relative tinggi kisaran Rp.100.000 hingga Rp.300.000, melakukan promosi dengan melakukan metode kampanye online yang bisa membuat website banyak pengunjung dan lebih dikenal didunia maya. Biaya membuka sebuah website sekitar Rp.5jt, Biaya promosi dengan metode online sekitar Rp.3jt.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s